Psikotest yang ada di internet


I. Pendahuluan

 Pada saat ini, teknologi yang ada di dunia memiliki kemajuan yang sangat pesat. Mulai bermunculan media-media yang menunjang kita untuk bisa berkomunikasi dengan cepat yaitu adanya handphone, komputer, laptop dan lain sebagainya. Selain media-media tersebut, internet juga merupakan salah satu hasil dari kemajuan teknologi. Bahkan test psikologi atau yang biasa disebut Psikotest pun sudah memasuki dunia internet. Mulai dari ingin tes masuk kerja atau yang ingin mengikuti ujian saringan masuk sekolah atau jurusan ada juga yang hanya sekedar untuk mengetahui dari tes tersebut atas dirinya sendiri. 

II. Teori 

Psikotest adalah tes untuk mengukur aspek individu secara psikis. Tes dapat berbentuk tertulis, visual, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur fungsi kognitif dan emosional. Tes dapat diaplikasikan kepada anak-anak maupun dewasa. Tes ini dapat berbentuk tertulis, proyektif, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur fungsi atau kemampuan kognitif dan emosional seseorang.
Tujuan Tes Psikotes digunakan untuk mengukur berbagai kemungkinan atas bermacam kemampuan secara mental dan apa-apa yang mendukungnya, termasuk prestasi dan kemampuan, kepribadian, intelegensi, atau bahkan fungsi neurologis, dan juga tes psikotes digunakan untuk mengukur berbagai kemungkinan atas bermacam kemampuan orang secara mental dan faktor-faktor yang mendukungnya, termasuk prestasi dan kemampuan, kepribadian, dan intelegensi. Jadi sederhananya, psikotes adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui gambaran seseorang mulai dari kemampuan kognitifnya, kondisi emosinya, kecenderungan-kecenderungan sikap dan hal-hal yang mempengaruhi kecenderungan tersebut.

III. Analisa
  
Psikotest secara online sangat berbeda dengan psikotes yang dilakukan secara langsung. Jika kita melakukan psikotes secara langsung, kita akan cenderung lebih fokus dan konsentrasi dalam mengerjakan. Hal ini dikarenakan tesnya menggunakan waktu, jadi membuat kita tidak bisa melakukan berbagai macam hal lain selain mengerjakan psikotes tersebut. Dan terkadang hasil dari psikotest langsung lebih akurat karena pemeriksaan yang lebih teliti dan tidak dapatnya memalsukan identitas. Namun positifnya dari psikotest secara online adalah hasil yang cepat dan dapat dilakukan secara santai atau tidak setegang saat melakukan psikotest secara langsung.

IV. Referensi

http://soal-psikotest.com/sekilas-psikotes-atau-tes-psikologi/

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2009 my blog :). All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates