Cerita Pengalaman Perkuliahan Ilmu Budaya Dasar 20 Oktober 2012


Cerita pertama tentang arti kesuksesan.
Ketika itu ada salah satu murid mengangkat tangan dan bertanya kepada gurunya, "apa itu kesuksesan?" Lalu guru itu tersenyum dan mengambil uang 100 ribu dari kantong sakunya, dan guru itu bertanya kepada murid-muridnya, "siapa yang mau dengan uang 100 ribu ini?" serentak semua murid menjawab "mau". Kemudian uang 100 ribu itu dilipat-lipat oleh guru tersebut dan bertanya kembali, "apa masih ada yang mau uang 100 ribu ini?",semua murid kembali menjawab "mau". Selanjutnya guru tersebut meremas uang 100 ribu dan kembali bertanya kepada murid-muridnya, "hayo siapa yang mau uang 100 ribu ini?" semua murid kembali menjawab "mau".  Guru tersebut menjatuhkan uang 100 ribu tersebut ke lantai dan menginjak-injak dengan sepatunya dan kembali bertanya "masih ada yang mau dengan uang 100 ribu ini?" Semua murid menjawabnya "mau". Guru itu mengatakan "itulah kesuksesan sesungguhnya. Ketika kita diejek, dihina, dijatuhkan, dan dilecehkan oleh orang lain tapi kita masih tetap mempertahankan prinsip hidup kita dan tetap maju kedepan, sama halnya dengan uang 100 ribu ini, ketika kita dijatuhkan dan diinjak-injak tapi nilai mata uang ini tidak berubah.


Cerita kedua tentang kekecewaan sesaat.
 Pada suatu hari ada seorang anak dan bapaknya, Ibunya telah meninggal saat dia kecil. Kini anak itu telah bekerja di bagian otomotif, sama dengan bapaknya. Anak tersebut bekerja di kantor yang berbeda dengan bapaknya. Pada suatu hari anaknya berharap saat ulang tahun ke 21 nya , bapaknya bisa memberikan ia mobil.  Karena bagi dia, bapaknya sudah mapan dan pasti bisa memberikan mobil itu, lalu beberapa bulan kemudian saat hari ulang tahun anaknya pun tiba dan anaknya itu sudah sangat tidak sabar terhadap kado hadiah pemberian dari bapaknya. Dan ternyata bapaknya memberikan sebuah hadiah ulang tahun kepada anaknya yang isinya sebuah kitab suci. Anaknya kecewa dengan pemberian kitab suci itu dan segera meninggalkan rumahnya karena hadiah yang diberikan tidak sesuai dan dengan harapannya. Lalu anaknya pergi meninggalkan rumah bapaknya dan tidak kembali pulang. Pada suatu hari anaknya mendengar kabar bahwa bapaknya terkena penyakit kanker ganas. Apa yang dilakukan oleh anaknya? Si anak tidak pulang menjenguk bapaknya. Karena rasa kecewa yang berat, si anak tersebut mencuekan kabar bapaknya yang terkena penyakit kanker. Bapaknya terkena penyakit kanker karena dia selalu memikirkan bagaimana nasib anaknya diluar sana.
Lalu beberapa hari setelah anaknya mendapatkan kabar bahwa bapaknya itu terkena penyakit kanker, ternyata bapaknya meninggal, anak tersebut menyesal dan pulang kerumah untuk melihat almarhum bapaknya, dan kemudian pergi ke pemakaman.
Lalu si anak itu menjual rumah bapaknya dan membereskan semua isi rumah itu. Kemudian, anak itu menemukan  kitab suci yang disimpan oleh bapaknya di kamar bapaknya itu, ia membuka dan membaca isi kitab suci tersebut dan teringat dengan bapaknya. Di dalam kitab suci tersebut ternyats terselip sebuah cek giro yang jumlah uangnya cukup untuk membelikan sebuah mobil yang ia inginkan pada saat itu. Anak tersebut sangat menyesal dan sangat kecewa. Lalu dia bersujud dan memohon ampun kepada Tuhan atas semua perlakuan yang telah ia perbuat kepada bapaknya.

Berikut hal positif yang dapat kita terapkan di kehidupan sehari-hari dan hal negatif yang harus kita tinggalkan
 
Hal positif yang dapat kita terapkan di kehidupan sehari-hari:
  1. Jalani hidup ini dengan penuh semangat dan termotivasi untuk meraih kesuksesan yang sesungguhnya
  2. Butuh banyak kerikil untuk meraih kesuksesan dan harus tegar, kuat untuk menghadapinya
  3. Bertindak dan berfikir positif
  4. Saling berbagi dan bersosialisasi sesama makhluk hidup
  5. Selalu ingat pada Tuhan saat bersukacita maupun berdukacita dan tetap bersyukur
Hal negatif yang harus ditinggalkan:
  1. Sikap yang sombong, angkuh, dan perfeksionis
  2. Pesimis, putus asa, dan menyerah sebelum mencoba
  3. Jangan mengeluh dalam hidup ini
  4. Jangan bermalas-malasan dan menunda-nunda dalam menyelesaikan sesuatu hal
  5. Lupa akan Tuhan yang telah menciptakan kita untuk hidup didunia ini

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2009 my blog :). All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates