Hasil Diskusi Manusia Dan Kebudayaan


Berikut postingan pertanyaan dan jawaban dari hasil diskusi tentang manusia dan kebudayaan (perkuliahan Ilmu Budaya Dasar, 20 Oktober 2012)


1. Apa itu penyesuaian perubahan lingkungan dan jelaskan dampak positif dan negatif dari perubahan lingkungan! - (Ritan)
    Jawab: 
Penyesuaian perubahan lingkungan merupakan kemampuan berpikir manusia untuk menciptakan  ilmu pengetahuan dan teknologi yang kemudian dimanfaatkan dalam peningkatan kehidupan masyarakat.
               Dampak positif dari perubahan lingkungan
    1. Manusia lebih memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan efisien.
    2. Mengembangkan metode 3R (Reuse [mengurangi], Reduce [pemakaian kembali], dan Recycle [mendaur ulang]).
    3. Menggunakan bahan-bahan pengganti, misalnya hasil metalurgi (campuran).
              Dampak negatif dari perubahan lingkungan
    1. Pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan (sumber daya alam dieksploitasi sebesar-besarnya untuk kepentingan dirinya tanpa mempertimbangkan kelestarian).
    2. Efek Rumah Kaca yang menimbulkan lapisan ozon menipis. Dan Pemanasan global/ Global Warming yang menyebabkan es di daerah kutub mencair dan menimbulkan air bah atau banjir bandang.
    3. Pencemaran


2. Jelaskan maksud dan berikan contoh dari perasaan inderawi! - (Desi)
    Jawab
Perasaan inderawi adalah rangsangan jasmani/ fisik melalui panca indera.
Contoh: Ketika kita melihat langsung terjadinya kecelakaan dan naluri hati perasaan kita tergerak untuk menolong korban kecelakaan tersebut. (perasaan inderawinya yaitu penglihatan).

3. Apa yang dimaksud dengan Homo Esteticus? - (Fatimah)
    Jawab
Esteticus itu sendiri berasal dari kata estetika yang berarti keindahan. Jadi Homo Esteticus berupa kesenian yang merupakan hasil dari manusia dalam keberadaannya dan juga mengandalkan keindahan sebagai unsur kebudayaannya.

4. Apa yang dimaksud dengan hubungan horizontal, vertikal, dan individualis-tis pada orientasi nilai kebudayaan? - (Marselita)
    Jawab
Hakekat hubungan antar manusia pada orientasi nilai kebudayaan yaitu
    1. Hubungan Horizontal itu karena ada rasa kebersamaan dan kebergantungan antara sesamanya antara lain jiwa gotong royong dan tolong menolong. Orientasi ini lebih mengedepankan posisi yang sederajat dari suatu tingkatan.
    2. Hubungan Vertikal, yaitu hubungan dengan sesama tokoh masyarakat, pemimpin atau atasan untuk saling memahami satu sama lain.
    3. Hubungan Individualis-tis, yaitu menilai tinggi usaha atau kekuatan sendiri, karena itu dia memerlukan sedikit mungkin bantuan orang lain. Berhubungan dari satu individu ke individu yang lain.

5. Jelaskan apa itu kebudayaan dinamis dari ciri pokok kebudayaan! - (Istiqomah)
    Jawab
Kebudayaan dinamis yaitu kebudayaan yang lebih menekankan sifatnya yang dapat berubah seiring perkembangan zaman, pola pikir manusia, dan kondisi geografis dari wilayah masyarakat tersebut.

6. Jelaskan definisi sistem kebudayaan! - (Suci)
    Jawab
Sistem kebudayaan merupakan bagian dari kebudayaan yang dalam bahasa Indonesia nya disebut adat-istiadat. Sistem kebudayaan menetapkan tindakan-tindakan dan tingkah laku manusia yang bersifat abstrak dan terdiri dari pikiran, gagasan, konsep, dan keyakinan.

7. Bagaimana bangsa Timur mengatasi kebudayaan Barat yang masuk dan menjaga budayanya agar tidak luntur? - (Vidya)
    Jawab
Pertama dari pemerintahnya yang harus memperhatikan budaya bangsa Timur dan juga memberikan subsidi agar budaya bangsa Timur dapat lebih berkembang dari pada kebudayaan Barat.
Kedua dari diri sendiri. Kita harus lebih mencintai budaya bangsanya sendiri dan menjaga diri/ mawas diri agar tidak terpengaruh dengan budaya bangsa Barat. Dan pintar-pintar memilih dari perkembangan eksistensi budaya bangsa Barat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2009 my blog :). All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates