Manusia dan Cinta Kasih Sayang


Saya akan memposting Ilmu Budaya Dasar presentasi ke 2.. Sabtu, 10 November 2012

Pada hakikatnya manusia diciptakan Tuhan dengan mempunyai perasaan. Diantaranya cinta kasih, kasih sayang, kemesraan, belas kasihan, cinta kasih erotis. Semua itu ada dalam setiap diri manusia. Tidak ada manusia yang tidak mempunyai rasa cinta kasih. Contoh cinta kepada Tuhan, cinta orang tua terhadap anaknya, cinta kakak terhadap adiknya, cinta Negara dan Tanah Air, dan lain-lain.
Cinta dapat berlangsung sesaat dan kasih sayang yang akan melanjutkannya sampai kapanpun.

Jika seseorang mengatakan bahwa dia mencintai anda tetapi kata-kata dan tindakannya tidak menghormati anda sebagai pribadi yang baik dan mandiri maka dia tidak betul-betul mencintai anda. Mungkin dia ingin miliki anda, tetapi bukan pasti cinta. Cinta adalah pemujaan, maka bagaimana mungkin orang yang seharusnya memuja anda tapi malah menyakiti anda? Cinta itu pasti mendatangkan kebahagiaan. Jadi, kalau anda tidak bahagia pasti kita mencintai kepada orang yang salah. Jangan pada saat ada orang yang benar-benar mencintai anda tapi malah kita salah mencintainya.

Belas kasihan adalah perbuatan orang yang berbudi. Sedangkan orang yang berbudi sangat dipujikan oleh Allah SWT. Perbuatan atau sifat menaruh belas kasihan adalah orang yang berahlak. Manusia mempunyai potensi untuk berbelas kasihan. Masalahnya sanggupkah ia menggugah potensi belas kasihannya itu. Bila orang itu tergugah hatinya maka berarti orang tersebut berbudi dan terpujilah oleh Allah SWT. Itu berarti dalam rasa belas kasihan tidak terkandung unsur pamrih. Belas Kasihan yang kita tumpahkan benar – benar keluar dari lubuk hati yang ikhlas.

Kasih sayang adalah suatu pemberian rasa cinta yang diberikan oleh seseorang ke orang lainnya atau kepada seluruh keluarganya. Kasih sayang juga tercipta karena adanya rasa perhatian, penyayang, sehingga terciptalah rasa kasih sayang. Tidak hanya kepasangan lawan jenis saja rasa kasih sayang tercipta, tetapi juga kepada sahabat, keluarga, dan teman-teman. Kasih sayang juga dapat mempersatukan orang yang sedang bertengkar, banyak sekali sisi positif dari kasih sayang itu sendiri. Marilah kita selalu menjaga perasaan orang lain dengan menanamkan rasa kasih sayang. Rasa kasih sayang tidak hanya kepada pasangan sendiri tetapi sahabat, keluarga, teman. Betapa indahnya apabila semua orang didunia mempunyai kasih sayang kepada sesama, hidup ini sangatlah tentram.

Kemesraan berasal dari kata erat atau karib. Kemesraan berawal dari perhatian sehingga menjadi perasaan cinta dan timbul rasa kasih sayang. Kemesraan itu bukan hanya tercipta pada pasangan baru, tetapi juga pada pasangan yang sudah lama. Tergantung orang yang menjalankan hubungannya tersebut.

Pemujaan adalah dimana kita memuja sesuatu yang kita senangi. Memuja itu dapat dilakukan dengan beberapa aspek, misalnya memuja pada agama tertentu dan kepercayaan yang ada misalnya pemujaan terhadap leluhur. Cinta juga termasuk pemujaan.

Cinta kasih erotis adalah kehausan akan penyatuan yang sempurna. Daam cinta kasih erotis ini terdapat eksklusivitas yang tidak terdapat dalam cinta kasih persaudaraan dan cinta kasih keibuan. Sering kali ekskluvitas dalam cinta kasih erotis di salah tafsirkan dan diartikan sebagai suatu ikatan hak milik. Dengan demikian, bahwa cinta kasih erotis merupakan atraksi individual belaka maupun pandangan bahwa cinta kasih erotis itu tidak lain dari perbuatan kemauan.

Hal Positif yang harus di terapkan di kehidupan sehari-hari :
- Cintai dan sayangilah orang-orang terdekat dengan setulus hati tanpa harus mengharapkan imbalan atau kemegahan. cintailah apa adanya bukan karena ada apanya..
- Bersikap ramah, sopan, memberikan senyuman, perhatian, kelemahlembutan terhadap semua makhluk hidup
- Kita harus bercinta kasih ke semua makhluk agar terciptanya keseimbangan, keselarasan, kententraman, dan kenyamanan dalam berkehidupan

Hal Negatif yang harus di tinggalkan :
- Sikap yang egoisme, mementingkan diri sendiri, tidak mementingkan lingkungan dan segala aspek lainnya.
- Memandang orang dengan sebelah mata
- Memiliki musuh, diiringi rasa yang mendendam, cuek, dan kebencian

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 my blog :). All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates