Manusia dan Keindahan


presentasi ke 3 Ilmu Budaya Dasar pada tanggal 10 November 2012

Keindahan yaitu berasal dari kata indah yang artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Keindahan pun identik pada kebenaran. Keindahan merupakan sebuah kebenaran. Dan kebenaran merupakan sebuah keindahan. Arti kedua kata itu memiliki satu arti yang sama yaitu abadi. Dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah. Yang tidak mengandung kebenaran berarti tidak indah.

Keindahan adalah sesuatu yang enak dilihat. Keindahan dapat dirasa oleh setiap orang. Keindahan dapat memberikan kesenangan hati. Jika kita melihat sesuatu yang bagus dan enak dipandang, maka itulah yang dinamakan keindahan. Dengan merasakan keindahan, timbullah rasa kepuasan dalam diri manusia, dan menyenangkan hati. Banyak cara yang dilakukan oleh manusia itu sendiri dalam mencari keindahan.

Manusia dan keindahan memang tidak bisa dipisahkan sehingga kita perlu menjaga dan melestarikan bentuk dari keindahan yang telah di tuangkan dalam berbagai bentuk kesenian (seni rupa, seni musik maupun seni pertunjukan) yang dapat menjadi bagian dari suatu kebudayaan yang dapat di banggakan dan mudah-mudahan terlepas dari unsur politik. Keindahan tidak dapat di pisahkan dari kehidupan manusia. Dimana pun kapan pun dan siapa saja dapat menikmati keindahan.

Keindahan menurut Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan. Keindahan secara luas meliputi : Seni,Moral,Intelektual,Alam
Apabila kita melihat sebuah lukisan yang gambarnya tak jelas atau biasa disebut abstrak itu adalah keindahan seni. Manusia dan keindahan, dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Manusia sangat menyukai sebuah keindahan baik secara bersifat terlihat (visual) atau terdengar (auditory)

Keserasian berasal dari kata serasi dan dari kata rasi, artinya cocok, kena benar, dan sesuai benar. Keserasian mengandung unsur pengertian perpaduan, pertentangan, ukuran dan seimbang. Perpaduan misalnya, lagu atau nyanyian-nyanyian merupakan unsur pertentangan antara suara tinggi-rendah, panjang-pendek, keras-halus yang terpadu begitu rupa sehingga telinga kita dibuat asyik mendengarkan dan hati kita pun merasa puas, tetapi apabila dalam keasyikan itu tiba-tiba terdengar suara yang sumbang kita pun tentunya akan merasa kecewa dalam hal lagu irama yang indah merupakan pertentangan yang serasi.

Keserasian terwujud apabila masing masing individu dan lembaga lembaga masyarakat menyadari serta melaksanakan tugas, fungsi, hak, dan kewajiban dengan penuh tanggung jawab. Baik serasi dalam beragama, berkebudayaan dan sebagainya.

Hal positif (+) yang dapat diterapkan kehidupan sehari-hari:
- Selalu bersyukur apa yang sudah kita dapatkan di dunia ini.
- Menjaga, melestarikan apa yang sudah ada di dunia ini.

Hal negatif (-) yang dapat kita tinggalkan:
- Jangan mengejek, mencela, dan menghakimi semua makhluk
- Lupa pada Tuhan yang telah menciptakan kita untuk menikmati keindahan hidup ini
- Jangan mengeluh terhadap semua pemberian-Nya

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2009 my blog :). All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates