MANUSIA DAN KEADILAN



MANUSIA DAN KEADILAN

Pada tanggal 12 Januari 2013 saya mendapatkan materi ilmu budaya dasar tentang “Manusia dan Keadilan”

Hal yang saya dapatkan dari materi tersebut adalah…

Keadilan adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban. Kita mengakui hak hidup kita, maka kita wajib mempertahankan hak hidup tersebut dengan bekerja keras tanpa merugikan orang lain. Hal ini disebabkan bahwa orang lainpun mempunyai hak hidup sepeti kita. Jika kita mengakui hak hidup orang lain, kita wajib memberikan kesempatan kepada orang lain itu untuk mempertahankan hak hidup kita sendiri. Jadi, keadilan itu pada pokoknya terletak pada keseimbangan atau keharmonisan antara menuntut hak dan menjalankan kewajiban.
Keadilan itu sangat penting serta dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa adanya keadilan kehidupan dimasyarakat akan berantakan. Karena setiap manusia mempunyai ego dan pemikiran kebenaran masing-masing, dengan itu mereka dapat menguasai semua yang mereka inginkan tanpa mementingkan keadilan
Keadilan itu terbagi menjadi 3 bagian jika dilihat dari bentuk atau sifat-sifatnya, yaitu: keadilan legal atau keadilan moral, keadilan distributif, dan keadilan komunikatif. Keadilan legal, keadilan penyesuaian sesama manusia agar hidup harmonis. Keadilan distributif, keadilan yang jika hal-hal sama diperlakukan secara sama dan hal-hal yang tidak sama diperlakukan secara tidak sama. Keadilan komunikatif, keadilan ini untuk menjaga ketertiban masyarakat dan kesejahteraan umum.
Keadilan sosial mengandung arti memelihara hak-hak individu dan memberikan hak-haknya kepada setiap orang yang berhak menerima karena manusia adalah makhluk sosial, makhluk yang tidak bisa berdiri sendiri dalam memenuhi segala kebutuhannya. Keadilan pada hakikatnya adalah memperlakukan seseorang atau pihak lain sesuai dengan haknya. Hakikat keadilan di Indonesia dalam pancasila, UUD 1945, dan GBHN, kata adil terdapat pada:
1. Pancasila yaitu sila kedua dan kelima.
2. Pembukaan UUD 1945 yaitu alinea II dan IV.
3. GBHN 1999-2004 tentang visi.
Dan pada inti dari materi ini adalah kita harus selalu berbuat keadilan jangan mencurangi orang lain karena jika kita berbuat adil itu akan menghasilkan kebaikan pula untuk orang lain dan untuk diri sendiri

Hal positif yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Berbuat adil kepada semua orang
2. Jangan membeda-bedakan orang semua orang sama di mata Tuhan
3. Saling menghormati dan menghargai satu sama lain
4. Saling memaafkan dan memaafkan diri sendiri jika melakukan kesalahan

Hal negatif yang harus ditinggalkan:

1. Berlaku tidak adil pada sesama
2. Menjadi semena- mena dengan orang lain
3. Mendzolimi orang yang lebih lemah
4. Menganggap enteng semua masalah dan meremehkan orang lain

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2009 my blog :). All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates