Manusia dan Harapan


Saya akan memposting apa yang saya dapatkan di matakuliah Ilmu Budaya Dasar pada tanggal 26 Januari 2013 tentang MANUSIA DAN HARAPAN.


Setiap orang pasti mempunyai harapan didalam dirinya masing-masing. Harapan akan memunculkan energi/motivasi untuk kita untuk mencapai harapan atau keinginan kita. Manusia yang hidup tanpa memiliki harapan bagaikan manusia itu mati dalam kehidupan. Berhasil atau tidaknya suatu harapan tergantung pada usaha dan doa orang yang mempunyai harapan itu. Setiap usaha yang dikerjakan pasti memiliki hasilnya tapi tergantung bagaimana usaha orang itu untuk mencapai keinginannya atau harapannya.
      
Ada dua hal yang mendorong orang hidup bergaul dengan manusia lain, yakni dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup. Kodrat ialah sifat, keadaan, atau pembawaan alamiah yang sudah terjelma dalam diri manusia sejak manusia itu diciptakan oleh Tuhan. Misalnya menangis, bergembira, berpikir, berjalan, berkata, mempunyai keturunan dan sebagainya.

Setiap manusia mempunyai kemampuan untuk itu semua. Dorongan kodrat menyebabkan manusia mempunyai keinginan atau
harapan, misalnya menangis, tertawa, bergembira, dan sebagainya. Dalam diri manusia masing-masing sudah terjelma sifat, kodrat pembawaan clan kemampuan untuk hidup bergaul, hidup bermasyarakat atau hidup bersama dengan manusia lain. Dengan kodrat ini, maka manusia mempunyai harapan.

Dan pada intinya Doa adalah sebuah tempat untuk meminta, bersyukur, berkomunikasi kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kepercayaan adalah hal-hal yang berhubungan dengan pengakuan atau keyakinan akan kebenaran.


Sebuah usaha juga harus disertai dengan doa kepada Allah swt. Setelah berusaha dan berdoa kita harus bertawakal, menyerahkan kepada Allah SWT. Mengharapkan sesuatu dengan berlebihan itu juga tidak baik, karena apabila sesuatu yang kita harapkan tersebut tidak tercapai maka hanya akan menimbulkan perasaan tertekan. Maka dari itu harapan yang kita inginkan harus disertai usaha dan doa .

Hal Positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari :

- Berharap sesuai dengan kemampuan yang kita punya.
- Selalu berusaha dan berdoa.

Hal Negatif yang harus dihindari dalam kehidupan sehari-hari :

- Jangan berharap terlalu tinggi.

- Jangan cepat merasa puas dengan apa yang kita dapat
- Jangan menjadi orang yang sombong
- Jangan meremehkan sesuatu
- Hindari sifat terlalu percaya diri karna dapat menjadi bumerang pada diri kita sendiri

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2009 my blog :). All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates