Manusia dan Pandangan Hidup



Saya akan memposting apa yang saya dapatkan di matakuliah Ilmu Budaya Dasar pada tanggal 12 Januari 2013 tentang MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP.

 Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang diberikan akal untuk berfikir dan budi pekerti ialah tingkah laku, yang diserap melalui fikiran dan kemudian di tuangkan melalui tingkah laku. Manusia diberikan kelebihan khusus yang berbeda dengan makhluk ciptaan lain-Nya, Cara berfikir dan pandangan hidup setiap manusia itu berbeda-beda, bagaimana ia melihat, merespon dan menyikapinya.

Setiap manusia pasti memiliki pandangan hidup yang berbeda antar satu manusia dengan yang lainnya. Pandangan hidup itu sendiri bersifat kodrati, karena itu menentukan masa depan setiap sendiri-sendiri. Pengertian pandangan hidup ialah pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, arahan, pedoman, dan petunjuk di dunia. Pendapat dan pertimbangan merupakan pengalaman sejarah dan pengalaman hidup menurut waktu atau tempat kejadian. 3 macam pandangan hidup dapat di klasifikasikan berdasarkan asalnya:
1. Pandangan hidup yang berupa ideologi, yang di sesuaikan dengan norma dan kebudayaan di negara tersebut.
2. Pandangan hidup yang berasal dari agama, yang mutlak kebenarannya.
3. Pandangan hidup hasil renungan, yang relatif kebenarannya.

Dengan demikian pandangan hidup itu bukanlah timbul seketika atau dalam waktu yang singkat saja, melainkan melalui proses waktu yang lama dan terus menerus, sehingga hasil pemikiran itu dapat diuji kenyataannya.

Usaha atau perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan suatu cita-cita yang kita inginkan. Setiap manusia harus bekerja keras demi kelangsungan hidupnya. Perjuangan untuk hidup itu sudah kodrat manusia, tanpa usaha manusia tidak dapat hidup sempurna. Bila kita menginginkan sukses kunci nya kita harus berusaha dan berdoa.

Cita-cita adalah keinginan, harapan dan tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Cita-cita yang merupakan bagian atau salah satu unsur dari pandangan hidup manusia, yaitu sesuatu yang ingin digapai oleh manusia melalui usaha.Apabila cita-cita itu tidak bisa terpenuhi, maka cita-cita itu sendiri di sebut dengan angan-angan. Dan kita sebagai manusia jangan cepat puas dalam mendapatkan sesuatu, karena kalau kita cepat puas kita tidak akan berusaha lagi untuk mendapatkan yang lebih baik lagi dari yang sebelumnya.

Langkah-langkah berpandangan hidup yang baik:

 1. Mengenal
          Kenali diri sendiri seperti apa dan bagaimana untuk menyesuaikan dengan diri kita sendiri dan lingkungan sekitar.
  2. Mengerti
          Mengerti apa yang telah kita lakukan dan apa yang telah diri kita kerjakan.
  3. Meyakini
          Dalam melakukan suatu pekerjaan kita harus meyakini dengan hati yang bersih dan berserah diri kepada kita harus, insyallah kita akan diberikan yang terbaik oleh Allah.
  4. Mengabdi
          Setelah apa yang tadi disebutkan telah kita kerjakan dan lakukan tinggal kita                     mengabdikannya kepada kedua orang tua kita tentunya yang kita sayangi dan kepada negara kita tercinta.

Hal positif yang harus diterapkan di kehidupan sehari-hari :

-      Kita sebagai manusia harus selalu berusaha untuk mencapai apa yang kita inginkan.
-      Selalu berusaha, berdoa, dan yakin bahwa kita dapat melakukannya.

Hal negatif yang harus di tinggalkan :

-      Putus asa jika yang kita harapkan tidak sesuai dengan yang diharapkan.
-      Tidak berusaha hanya diam saja ditempat, tetapi memiliki impian yang banyak.
-      Sudah berusaha tetapi tidak disertai dengan doa maka sia-sia.

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2009 my blog :). All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates