Manusia dan Penderitaan



Saya akan memposting apa yang saya dapatkan di matakuliah Ilmu Budaya Dasar pada tanggal 12 Januari 2013 tentang MANUSIA DAN PENDERITAAN.

         Manusia hidup di dunia ini mempunyai dua sisi yaitu sisi bahagia dan sisi penderitaan. Ada suatu kala manusia merasakan sebuah kebahagiaan. Kehidupan memang tak lengkap jika hanya ada kebahagiaan, karena jika hanya ada sebuah kebahagiaan di dalam sebuah kehidupan maka manusia yang hidup di dunia ini tidak akan pernah bersyukur kepada Allah SWT yang telah menciptakannya.Karena disamping terdapatnya kebahagiaan, kita juga dapat merasakan penderitaan. karena hidup tidak selalu di atas , ada kalanya kita akan merasakan dibawah.
                                                                       
Dengan kita merasakan penderitaan, kita akan lebih bersyukur atas apa yang sudah kita dapatkan selama ini.Allah SWT tidak akan memberikan cobaan kepada makhluknya melebihi batas kemampuannya. Maka dari itu setiap cobaan yang diberikan Allah SWT kita dapat melewatinya. Dan disamping cobaan yang diberikan , pasti ada sisi hikmah yang dapat kita ambil.Kalau selama hidup kita hanya merasakan kebahagian semata, hidup kita akan begitu-begitu saja tidak ada warna hidupnya. Penderitaan dapat membuat kita menjadi lebih dewasa dari yang sebelumnya.
Penderitaan dapat berupa lahir/batin dan lahir batin. Misalnya KDRT merupakan penderitaan lahir batin. Dan dapat berupa penderitaan fisik dan kejiwaan.
                                                                           
 Hal positif (+) yang dapat kita terapkan di kehidupan sehari-hari:

1. Lebih mengingat Allah SWT dalam situasi apapun.
2. Lebih bersyukur atas apa yang telah kita dapatan.
3. Jadikanlah penderitaan yang kita dapatkan sebagai cobaan dari Allah SWT agar kita semakin dekat dengan Allah SWT.
4. Harus bangkit dalam setiap penderitaan yang kita alami.

Hal negatif (-) yang harus kita tinggalkan:

1.      Melupakan Allah SWT dalam keadaan senang.
2.      Selalu mengeluh dan terpuruk atas cobaan yang sedang dialami.

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2009 my blog :). All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates