Manusia dan Kegelisahan



Pada perkuliahan pada tanggal 26 Januari 2013, materi yang dibahas pada presentasi hari ini mengenai “Manusia dan Kegelisahan“. Berikut adalah hal yang saya pelajari dari materi yang disampaikan.

Manusia di dalam kehidupannya pasti pernah mengalami kegelisahan. Pengertian kegelisahan itu sendiri berasal dari kata gelisah, yang berarti tidak tenteram hatinya, selalu merasa kwatir tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa khawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan. Ada banyak hal yang menjadi penyebab timbulnya kegelisahan,
seperti:

1. Kesulitan ekonomi
2. Takut kehilangan harta, jabatan dan popularitas
3. Penyakit yang menahun
4. Kesulitan mendapatkan pasangan hidup yang ideal
5. Takut kehilangan pasangan hidup
6. Khawatir gagal dalam berkarier
7. dan lain-lain.

Ketidakpastian

Ketidak pastian artinya keadaan yang pasti, tidak tentu, tidak dapat ditentukan, tidak tahu, keadaan tanpa arah yang jelas, keadaan tanpa asal-usul yang jelas itu semua adalah akibat pikirannya tidak konsentrasi. Ketidak konsentrasian disebabkan oleh berbagai sebab, yang jelas pikirannya kacau.

Keterasingan

Yang menyebabkan orang berada dalam keterasingan ialah perilakunya yang tidak dapat diterima atau tidak dapat dibenarkan oleh masyarakat, atau kekurangan yang aa pada diri seseorang, sehingga ia tidak dapat atau sulit menyesuaikan diri dalam masyarakat.

Kesepian

Bermacam sebab terjadinya kesepian, frustasi dapat mengakibatkan kesepian. Jadi kesepian itu akibat dari keterasingan. Keterasingan akibat sikap sombong, angkuh, kaku, keras kepala, sehingga dijauhi teman-teman sepergaulannya.

Dan dari inti dari materi tersebut dapat disimpulkan bahwa rasa gelisah adalah hal yang wajar namun tergantung kita menyingkapi masalah-masalah dan rasa gelisah tersebut. Mendekatkan diri pada Yang Maha Esa agar perasaan gelisah tidak terus-terusan menghantui kita dan melakukan semacam kegiatan-kegiatan yang positif agar tercipta hawa positif pula pada diri kita.

Hal positif yang perlu kita tanamkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Selalu mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa
2. Lakukan hal-hal yang positif agar tercipta hawa yang positif pula
3. Lebih percaya diri agar tidak merasa minder
4. Perbanyaklah teman agar tidak merasa kesepian

Hal negatif yang perlu kita tinggalkan:

1. Jangan mudah terpengaruh orang lain
2. Jangan selalu menyalahkan diri sendiri bila melalukan kesalahan
3. Jangan lupa akan Tuhan
4. Jangan suka menyendiri atau selalu berfikir yang negatif terhadap orang lain

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2009 my blog :). All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates