Manusia dan Tanggung Jawab


Saya akan memposting apa yang saya dapatkan di matakuliah Ilmu Budaya Dasar pada tanggal 26 Januari 2013 tentang MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB.


Setiap orang memiliki tanggung jawab masing masing. Tanggung jawab merupakan suatu kewajiban bagi setiap individu yang ada di muka bumi ini. Kewajiban tersebut tidak hanya kepada diri sendiri melainkan juga kepada setiap individu. Tanggung jawab itu sendiri merupakan sifat yang mendasar yang terdapat di dalam diri manusia. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab merupakan beban kewajiban seseorang dari tugas tertentu, jika seseorang tidak dapat melaksanakan tanggung jawabnya maka orang tersebut akan mendapatkan  celaan atau ejekan dari orang lain, karena orang tersebut tidak dapat menjalankan kewajibannya. Orang yang bertanggung jawab terhadap tugas atau kewajibannya akan menimbulkan perasaan senang karena dia melaksanakan kewajibannya.
Berikut merupakan macam-macam tanggung jawab, yaitu:
1.    Tanggung jawab terhadap Tuhan.
2.    Tanggung jawab terhadap diri sendiri.
3.    Tanggung jawab terhadap keluarga.
4.    Tanggung jawab terhadap masyarakat.
5.    Tanggung jawab terhadap bangsa dan negara.

PENGABDIAN
Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran,pendapat atau pun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan,cinta,kasih sayang, atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas. Pengabdian juga berarti berbuat sesuatu terhadap orang lain tanpa meminta imbalan atas jasanya tersebut. Pengabdian biasanya murni datang dari hati nurani bukan paksaan atau pun perintah seseorang. Misalnya seorang dokter yang menjadi dokter di sebuah desa terpencil tanpa diberi gaji atau tunjangan lainnya. Tetapi, beliau dengan senang hati tetap menjadi dokter di desa tersebut karena dia sangat mengabdi pada pekerjaannya sebagai seorang dokter dan juga mempunyai rasa kepedulian terhadap kesehatan yang sangat besar.

PENGORBANAN
          Pengorbanan adalah pemberian yang didasarkan atas moral yang tulus dan ikhlas. Biasanya dalam bentuk pemberian sesuatu terhadap orang lain. Misalnya pengorbanan untuk beramal, berarti kita tidak memakai semua uang saku kita untuk jajan saja, bahkan dapat dipergunakan yang lebih bermanfaat yaitu beramal.

Hal Positif yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:
-          Menjadi orang yang bertanggung tanggung jawab dalam segala hal.
-          Menjadi seseorang yang lebih ikhlas dalam melakukan apapun.
-          Melakukan sesuatu tanpa pamrih.

Hal Negatif yang harus di tinggalkan:
-          Seseorang yang lepas tanggung jawab.
-          Hanya mengharapkan imbalan atas apa yang sudah dikerjakan.
-          Tidak ikhlas. 

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright 2009 my blog :). All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates